SELAMAT DATANG DI BLOG KANG YAN

Senin, 31 Oktober 2011

Cara Memaksimalkan Modal Dalam Memulai Bisnis..

Mungkin di antara kita ada yang mau merintis bisnis/dagang ..Tapi terkadang kita gak tahu harus dari mana memulai..Hal itu wajar karena namanya juga baru mau memulai..Dalam berdagang ada syarat syaratmya kalau kita ingin berhasil..Di antaranya kita perlu modal, tempat, dagangan dan banyak lagi..

Saya sendiri seorang pedagang yang memulai dagang dengan modal yang relatif kecil hanya satu juta rupiah..Tapi Alhamdulillah sampai sekarang sudah 20 th saya dagang masih mampu bertahan, walaupun pesaing pesaing saya grosir semua..Sementara latar belakang sayapun bukanlah seorang yang tahu teori teori bisnis maklum hanya tamatan SMP..Hanya keuletan dan kepribadian yang pantang menyerahlah yang saya punya ..

Menurut saya modal itu kita harus bagi tiga kalau kita baru mau berdagang..Sepertiga kita pakai buat belanja barang yang mau kita dagangkan..Dua pertiga lagi kita simpan dulu..Kenapa harus di simpan dulu..??Biasanya namanya baru mau memulai, kita di hadapkan masalah tentang barang apa aja yang banyak di cari oleh si pembeli..Dan dari pembelilah kita belajar mengkomplitkan dagangan kita..Kita catat apa aja barang dagangan kita yang masih kurang atau malah belum ada sama sekali...Nah baru modal kita yang sepertiga kita gunakan..Itulah alasan kenapa modal kita jangan dulu di pakai semua..Terus mungkin bertanya, modal yang sepertiga lagi buat apa..?? Modal yang sepertiga lagi berkaitan dengan cara kita mencari pelanggan, karena pelanggan itu sangat penting bagi pedagang..Kalau kita sudah banyak pelanggan tidaklah sulit untuk menjual dagangan kita..Kita semua pasti sudah paham hal itu..Salah satu trik untuk mencari pelanggan kita harus berani untuk utangin dagangan kita ..Itulah gunanya modal kita yang sepertiga lagi..Terkadang kita harus berani berspekulasi dalam hal ini..Tapi nanti juga kita akan tahu gambaran kecil tentang jujur dan engaknya seseorang..Ada orang bilang kalau kita ingin mengetahui sipat seseorang jadilah pedagang..Perkataan orang itu ada benarnya..

Harapan saya semoga dengan postingan ini sedikit membantu bagi anda yang punya rencana untuk berdagang..

Mengenai masalah tempat dagang dan yang lainya saya akan posting di kesempatan mendatang...

1 komentar: